Rabu, 30 Januari 2008

Self Hypnosis

Langkah-langkah masuk dan keluar dari self-hypnosis ini sekedar petunjuk, membimbing anda masuk dan keluar dari self-hypnosis. Seiring kemajuan anda, petunjuk terbaik akan anda temukan sendiri.
Ketika anda berlatih dan belajar, disarankan untuk mencari tempat yang tenang dan tidak terganggu di mana anda bisa duduk dengan nyaman. Pertama kali, lebih baik tidak berbaring karena pikiran anda memiliki kecenderungan untuk tidur.

"MASUK"

1. Duduk dalam posisi yang nyaman dan mulailah berusaha untuk rileks.
2. Tutup mata anda dan bernapaslah dengan rileks. Tarik napas dalam dan hembuskan perlahan-lahan. Lakukan beberapa kali.
3. Berusahalah untuk fokus pada pernapasan anda dan betapa pernapasan itu membuat rileks.
4. Katakan pada diri anda berapa lama anda ingin masuk dalam kondisi hypnosis (10 menit, 15 menit, dsb). Ini akan menyalakan “jam” dalam diri anda.
5. Perintahkan dan rasakan bahwa otot-otot wajah (mulai dari kening) menjadi rileks dan ketegangannya lepas. Lalu rasakan juga otot-otot tubuh lainnya menjadi rileks. Katakan dalam diri anda, “Lebih rileks, lebih dalam”.
6. Bayangkan sebuah tangga dengan 10 anak tangga yang akan membawa anda menuju tempat kedamaian yang anda pilih. Mulailah menghitung mundur dari 10 hingga 1, anda menuruni anak tangga satu per satu. RASAKAN, DENGARKAN, LIHAT tempat kedamaian anda begitu anda masuk ke tempat kedamaian. Rasakan betapa anda sangat rileks dan nyaman berada di tempat itu.
7. Mulailah melakukan sugesti/kata-kata positif dan menciptakan gambaran-gambaran positif.

"KELUAR"

Hitunglah naik dari 1-5 dengan memberikan sugesti bahwa anda telah menikmati relaksasi yang menyenangkan dan pada hitungan 5 anda akan merasa segar dan merasa sangat baik kondisinya. Saat hitungan ke-5, buka mata anda dan bernapaslah dengan dalam penuh energi dan kesegaran.
Catatan : Jika anda melakukan ini sebelum tidur, anda bisa mensugesti bahwa pada hitungan 5, anda akan masuk dalam kondisi tidur normal hingga waktunya untuk bangun. (Ingatlah untuk menyetel alarm jam mental anda!)

Tidak ada komentar: